Rabu, 15 Maret 2017

SINOPSIS NOVEL “MEMELUK GERHANA” KARYA ISA KAMARI


SINOPSIS NOVEL “MEMELUK GERHANA” KARYA ISA KAMARI
Oleh
Anggi Anggraini
Novel Memeluk Gerhana menceritakan seorang tokoh bernama Ilham. Disaat kecilnya dia suka bermain-main dengan Zul dan Sevan (teman masa kecilnya) di Kampung Tawakal. Masa sekolahnya diawali saat dia sekolah dasar di SD Swiss Cottage. Di SD inilah Ilham pertama kali mengenal teman perempuan bernama Aisyah. Saat duduk di kelas 3 Ilham pindah ke SD Whitley. Di SD Whitley Ilham bertemu dengan gadis untuk yang ke tiga kalinya namanya Nazira (anak seorang pengusaha kaya). Nazira menjadi gadis saingannya di SD tersebut.
Ke dua kalinya ilham mengenal gadis adalah Nazizah tetangganya di kampung Tawakal. Tetapi perjumpaan itu tak berapa lama. Karena nazizah harus kembali ke kampung halamannya di Malaysia. Di perpisahannya ilham memberikan Hadiah ulang tahunnya berupa sapu Tangan. Sapu tangan tersebut sangatlah berharga bagi Nazizah. Hubungannya dengan Nazira tidak begitu mulus walaupun mereka selalu bertemu setiap saat di sekolah. Ilham selalu di hantui rasa malu saat bertemu dengannya.
Setelah lulus SD Ilham dan Nazira berpisah. Ilham meneruskan pendidikannya di Rafles Institution dan Nazira meneruskan pendidikannya di Sekolah Menengah Perempuan Rafles. Tetapi tak beberapa lama Nazira pulang ke kampung halamannya di Malaysia. Ilham sangat sedih dengan kepergian Nazira. Dia sangat menantikan kembalinya. Di Rafles Intitution Ilham mengenal gadis untuk yang ke empat kalinya. Dia adalah Riyana. Hubungannya dengan Riyana berjalan baik sampai mereka lulus di Rafles Intitution. Di sekolah tersebut Ilham juga mengikuti kelas agama di luar sekolah yang di bimbing oleh Ustadz Sanif dan Saifudin teman dekatnya sebagai ketuanya.
Suatu saat ayah Ilham mengajak pindah rumah karena rumah lamanya di kampung Tawakal tidak aman. Setelah perpindahan selesai orang tua Ilham mengadakan syukuran. Saat syukuran tersebut Ilham bertemu dengan gadis untuk yang ke lima kalinya. Dia adalah Syakila saudaranya sendiri. Di Rafles Intitution Ilham kebingungan untuk memilih Nazira atau Riyana dan Syakila sebagai saudaranya mengusulkan untuk memilih Nazira sebagai Kekasihnya. Akhirnya Riyana di tolak dan dia marah besar. Saat hari minggu di pertengahan ujian, Riyana mengajak Nazira bertemu. Dia marah pada Nazira karena telah merebut Ilham darinya.
Saat pulang dari pertemuan tersebut pikiran Nazira menjadi linglung dan saat menyebrang jalan dia tidak melihat keadaan kendaraan yang berlalu lalang. Akhirnya sebuah truk menabraknya dan Nazira meninggal dunia. Ilham sangat sedih dan Syakila selalu menemaninya. Beberapa bulan setelah hasil ujian keluar Syakila melanjutkan pendidikannya ke Universita di Amerika. Ilham akan di tinggalkannya kurang lebih selama 5 tahun.
Selama 5 tahun tersebut mereka sering berkirim surat dan telfon tetapi apa yang terjadi pada Ilham. Saat itu dia malah berurusan dengan polisi karena kelas agama yang diikutinya. Ilham mendapat siksaan yang luar biasa yang mengakibatkan dia buta. Penderitaan belum berakhir Ilham harus menjalani hukuman kurungan di penjara bawah tanah dan tak tahu kapan dia bisa kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar